INDONESIA

INDONESIA

Breaking News

Friday, May 24, 2013

Pentingnya air di dalam kehidupan

Krisis air bersih melanda Indonesia, padahal Indonesia memiliki sekitar 6% cadangan air bersih dunia. Namun, dari tahun ke tahun krisis air bersih terus saja melanda Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang 2/3 wilayahnya merupakan lautan, Indonesia juga memiliki hutan hujan yang seharusnya bisa menyerap air hujan sehingga air bersih di dalam tanah melimpah. Tanpa kita sadari air bersih semakin lama semakin sedikit, bahkan diperkirakan air bersih dimasa depan akan menjadi hal yang berharga. Kita lihat negara-negara di Benua Afrika, disana sudah terjadi "gurunisasi" yang mengakibatkan sebagian wilayahnya menjadi gurun, akibatnya tidak ada lagi tumbuhan besar yang dapat tumbuh subur disana sehingga air bersih disana langka, masyarakatnya sengsara dan saling berebut
untuk mendapatkan jatah air bersih dari pemerintah, akibat air disana langka, akibatnya tidak ada tanaman pangan yang dapat di budidayakan disana yang menyebabkan kekurangan pangan dan akhirnya menyebabkan kekurangan gizi, mereka hanya menunggu bantuan dari organisasi-organisasi kemanusiaan global. Itulah kenapa kebanyakan negara-negara di Afrika adalah negara miskin.

Apakah kita menunggu dan membiarkan hal yang sama terjadi pada Indonesia?
Tahun demi tahun luas wilayah hutan berkurang, entah untuk pembukaan lahan pertanian, pemukiman, penebangan liar, maupun kepentingan lainnya. Tapi kita juga tidak bisa mengelak dari semua itu, karena tahun demi tahun penduduk bertambah, sehingga kebutuhan juga akan terus bertambah, kebutuhan akan pemukiman, barang-barang yang bahan bakunya berasal dari alam, air bersih, dan lain lain. Tentu semua itu tinggal manusianya yang harus dapat bersikap bijaksana dalam menyelaraskan antara kebutuhan mereka dengan alamnya. Seiring dengan daerah resapan air yang berkurang, tentu cadangan air bersih di dalam tanah juga akan berkurang. Air laut menguap lalu menjadi awan, terbawa angin dan turunlah hujan di darat, air hujan itu dapat ditampung dan yang lain diserap oleh akar tanaman, air itu akan mengalir ke daerah yang lebih rendah dan akhirnya kembali lagi ke laut dan terjadilah lagi siklus air dari awal. Jika air hujan tersebut tidak di tampung dan tidak ada tanaman yang menyerapnya ke tanah, maka air itu akan menyebabkan bencana, seperti banjir, ditambah lagi oleh manusia yang membuang sampah di sungai sehingga menghambat aliran sungai, akibatnya banjir semakin besar dan lengkaplah sudah penderitaan manusia.

Selain dalam faktor lingkungan, air bersih juga penting bagi tubuh kita :

  • 3/5 bagian dari tubuh kita terdiri dari air,. Cairan dalam tubuh seperti darah, air liur, air seni pada hakikatnya merupakan air. Semua sel, termasuk tulang, otot dan daging juga mengandung air.
  • Nyaris semua organ tubuh kita mengandung air, termasuk kulit kita. Kulit kita akan menjadi kering, kusam, dan kasar jika kekurangan air. Air juga membantu menjaga kelembaban kulit kita.
  • Darah kita juga memerlukan air, air membuat darah kita menjadi tidak terlalu kental.
  • Kalau tubuh kekurangan cairan, air dalam darah akan disedot oleh tubuh. Kalau air dalam darah habis, darah akan kental sekali. Akibatnya aliran darah jadi tidak lancar
  • Aliran darah yang tidak lancar akan membuat organ tubuh bekerja sangat keras. Ibarat mesin motor yang dipaksa untuk terus bekerja tanpa pelumas. Akibatnya mesin mudah panas dan rusak
  • Air juga membantu membersihkan racun-racun dalam tubuh. Racun-racun sisa kerja tubuh akan dibawa bersama air menuju ke ginjal. Ginjal kita berfungsi mengatur jumlah air dan garam dalam darah. Ia akan mencuci dan menyaring darah tersebut.
  • sisa air dari ginjal mengandung zat-zat racun, zat-zat ini dilarutkan dalam air dan dikirim ke kandung kemih. Dari kandung kemih, sisa air cucian ginjal tersebut akan dikeluarkan melalui urethra dalam bentuk air kencing.
  • Kekurangan air dapat menyebabkan suhu tubuh menjadi naik. Air membantu menormalkan suhu tubuh.
jadi intinya air itu sangat penting bagi kehidupan manusia, dari berbagai segi yang saling berkaitan.
dari semua ini, dapat disimpulkan jika air bersih yang terus berkurang disebabkan oleh hutan yang seiring waktu juga berkurang. Apa yang dapat dilakukan?

  • Melakukan penghematan air
  • Melakukan gerakan penanaman pohon seperti "satu orang satu pohon"
  • Konservasi lahan dan pelestarian hutan dan Daerah Aliran Sungai
  • Membangun tempat penampungan air hujan, seperti waduk, situ, sehingga air hujan dapat tertampung
  • Membuat lubang resapan air (biopori)
  • Mengembangkan teknologi untuk mengubah air laut menjadi air tawar
  • Mengembangkan teknologi pengolahan air limbah
  • Menghemat  penggunaan tissue dan kertas

GO GREEN ! : )
   

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Designed By Published.. Blogger Templates