INDONESIA

INDONESIA

Breaking News

Monday, February 8, 2016

Apa Itu Geofisika ?

Setelah menceritakan tentang Geologi pada post sebelumnya, saya akan menjelaskan suatu bidang ilmu yang sedang saya tekuni saat ini di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, yaitu Geofisika.

Geofisika

Geofisika merupakan sebuah bidang ilmu yang mempelajari tentang bumi dengan metode-metode fisika yang terukur. Geofisika adalah ilmu sains terapan yang mencakup tentang interior bumi, kerak bumi, samudra, atmosfer, dan magnetosfer. Aplikasinya sangat luas, mencakup pengamatan magnetik yang dihubungkan dengan interaksi antara Bumi dan Matahari, lempeng tektonik dan interior bumi, eksplorasi minyak dan mineral, analisa lingkungan dan  teknik, dan bahkan investigasi arkeologis. Wilayah pembelajaran khas dari ilmu lain adalah sebagai berikut :

Seismologi adalah studi tentang data seismik. umumnya ada tiga kategori data seismik. Data Seismik Refleksi adalah data yang umum digunakan untuk eksplorasi petrolium karena resolusi dan tingkan keseksamaannya. Data Seismik Refraksi kebanyakan digunakan untuk mendefinisikan batas-batas lapisan utama didalam bumi. Data Seisimik Gempa digunakan untuk mempelajari struktur internal bumi yang dalam.

Studi lapangan Potensial (Potential Fields Studies) menyangkut pekerjaan dengan gravitasi, magnetik dan elektrikal bumi. Data magnetik dan gravitasi telah digunakan sejak awal untuk eksplorasi petrolium. Magnetik juga digunakan secara luas di eksplorasi mineral. Meskipun ada beberapa aplikasi penggunaan metode elektikal di eksplorasi petrolium, tetapi lebih banyak digunakan dalam eksplorasi mineral dan juga analisa lingkungan. Pengukuran Micro-gravity digunakan dalam analisis teknik.

Ingin menjadi Geofisikawan ?

Seorang Geofisikawan adalah orang yang mempelajari bumi dengan menggunakan metode gravity, magnetik, elektrikal, dan seismik. Beberapa geofisikawan menghabiskan sebagian besar waktunya di lapangan untuk mempelajari berbagai macam struktur bumi dan, sebagian lainnya banyak menghabiskan waktunya didalam ruangan menggunakan komputer untuk melakukan perhitungan dan pemodelan. Geofisikawan menggunakan metode-metode tersebut untuk menemukan minyak, tembaga, besi, dan berbagai material lainnya. Beberapa lainnya menaksir properti bumi dalam bencana alam, dan mengukur area untuk tempat pembangunan bendungan dan konstruksi. Geofisikawan Riset mempelajari struktur internal dan evolusi bumi, gempa bumi, lautan, dan struktur fisik lain menggunakan metode-metode tersebut.

Jenis-jenis geofisikawan

Geofisika memiliki jangkauan yang luas dalam ilmu kebumian (Earthsience) dan menawarkan berbagai jenis opsi :

  • Seismologists
  • Marine geophysicists
  • Petroleum geophysicists
  • Mining geophysicists
  • Environmental geophysicists
  • Atmospheric physicist
  • Gravity geophysicist
  • Magnetic geophysicist 
  • Electromagnetic geophysicist
  • Electrical geophysicist
  • Exploration geophysicists
  • Heat flow field work

Latar belakang studi yang harus dimiliki di sekolah ?

Jika ingin menjadi geofisikawan, maka dari bangku sekolah harus memiliki latar belakang yang kuat di bidang sains dan matematika, begitu juga dalam bidang komputer. Jika sekolahmu menawarkan program komputer dan ilmu kebumian maka ambilah.

Kemana harus kuliah ?

Telah banyak universitas yang telah menawarkan program Geofisika. baik Geofisika Murni maupun Teknik Geofisika. Di beberapa universitas ilmu geofisika juga merupakan penjurusan dalam jurusan Fisika. Mahasiswa yang menekuni ilmu Geofisika di Indonesia tergabung dalam HMGI (Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia)

Dimana bisa bekerja ?

Seorang Geofisikawan dapat bekerja dalam bidang industri maupun non-industri. Di bidang industri yaitu dalam bidang energi (migas) dan pertambangan. Dalam bidang non-industri seperti dalam dunia akademik (dosen dan lembaga penelitian) serta dalam pemerintahan. Gaji seorang geofisikawan mulai dari 30.000 USD sampai 100.000 USD



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Designed By Published.. Blogger Templates