INDONESIA

INDONESIA

Breaking News

Saturday, February 6, 2016

Geologi ; Ilmu Bumi

Geologi merupakan ilmu bumi. Ia membahas semua hal tentang bumi; dari asal pembentukannya, sejarahnya, material penyusunnya, proses yang terjadi padanya, serta dinamisme perubahannya.
Geologi adalah sebuah ilmu yang mengagumkan. Ia mempelajari berbagai macam fenomena seperti gunung berapi, gletser, sungai, pantai, gempa bumi dan tanah longsor, dan bahkan sejarah kehidupan. Geologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang apa yang terjadi di masa lalu dan yang sedang terjadi sekarang, sebuah ilmu yang menambah pemahaman kita tentang alam dan posisi kita didalamnya.
Geologi tidak hanya memuaskan dalam rasa ingin tahu di ilmu pengetahuan. Kita sebagai bagian dari sejarah manusia ketika ahli kebumian mempunyai tanggung jawab dalam membantu memecahkan masalah masyarakat yang paling mendesak. Termasuk menemukan tempat yang aman untuk membuang limbah zat radioaktif dan racun kimia, menentukan lahan yang sesuai dalam pengembangan wilayah, dan menyediakan suplai air yang aman dan melimpah. Geologi juga digunakan oleh para insinyur dalam merencanakan bangunan, jalan tol, bendungan, pelabuhan, dan terusan. Geologi juga membantu kita mengenali bagaimana kerusakan yang mungkin terjadi akibat adanya bencana alam seperti tanah longsor, gempa bumi, banjir dan erosi pantai  dapat dihindari atau dikurangi. Hal penting lain untuk memahami bumi adalah penemuan sumber daya alam. Seluruh material di bumi termasuk air, tanah, mineral, bahan bakar fosil, dan bahan bangunan merupakan benda geologis dan ditemukan, dieksploitasi, dan diolah oleh bantuan ilmu kebumian.

Ahli geologi menawarkan informasi kunci tentang sistem bumi, khususnya perubahan iklim dan efek dari perubahan iklim di masa depan. Mungkin saja, pada akhirnya pemahaman yang lebih tentang alam akan sama pentingnya dengan menemukan lahan yang menyimpan deposit minyak dan mineral.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Designed By Published.. Blogger Templates